Selasa, 23 September 2008

Adakah metode pengukuran kadar urea?

Pertanyaan: Saya sedang penelitian penentuan kadar urea. Selama ini saya menggunakan metode biuret tapi dalam analisisnya tidak bisa. Urea cenderung menyerap warna biuret, berbeda dengan protein yang cenderung mempertajam warna biuret.

Jawaban: Penentuan urea dapat menggunakan enzim urease (yang bisa digunakan juga untuk menentukan kadar urea dalam cairan urin manusia) yang akan menguraikan urea menjadi ammonia dan karbondioksida C02. Namun, ammonia yang terjadi tidak langsung dititrasi dg HCl karena biasanya bewujud gas. Sehingga reaksinya menggunakan indikator campuran metil merah dan bromphenol biru yang ditambahkan ke dalam asam borat (H3BO3).
Titrasi dilakukan terhadap H3BO3 yang telah bereaksi dengan ammonia tersebut (H2BO3-). Tentu saja reaksi ini dilakukan dalam cawan tertentu yang dapat menahan ammonia agar tidak lepas ke udara dan ada perlakuan inkubasi pada suhu tertentu (sesuai suhu optimum urease yang digunakan).

Proses penentuan urea dengan urease ini bisa dilakukan sehari dan langsung diperoleh hasilnya. Jadi relatif cukup cepat.


Mari belajar kimia untuk kemaslahatan masyarakat

Tidak ada komentar: